6 Macam Material Atap Rumah Modern

Atap yang berfungsi sebagai plindung benda atau makluk hidup di dalam bangunan memiliki banyak jenis material, yaitu :

  • Genteng Asbes

Genteng asbes sifatnya yang murah meriah dan sering menjadi pilihan beberapa rumah minimalis. Genteng asbes bisa tahan akan suhu panas. Hanya saja pada beberapa penelitian penggunaan genteng asbes bisa memicu penyakit kanker paru terhadap penghuninya.
  • Genteng Seng

Para orang berekonomi menengah sering menggunakan seng sebagai atap rumah mereka karena harga yang ekonomis. Namun kelemahan genteng ini adalah dapat menimbulkan panas di dalam ruang karena terbakar oleh matahari, seng juga mudah berkarat.
  • Genteng Metal

Genteng metal adalah inovasi terbaru untuk atap rumah. Genteng metal terbuat dari bahan logam antikarat. Kelebihan dari genteng ini adalah bentuknya yang elegan bisa dibuat sesuai kebutuhan, bisa seperti genteng tanah liat, genteng sirap dan sebagainya. Kemudian bobotnya yang sangat ringan serta efek bisa memantulkan panas.
  • Genteng Beton

Genteng menjadi pilihan bagi para masyarakat ekonomi tinggi. Banyak rumah-rumah minimalis dan rumah mewah di komplek perumahan yang menggunakan atap dari bahan genteng beton. Kelebihan genteng ini terbuat dari bahan semen yang dilapisi dengan serat dan bahan aditif tertentu. Genteng beton juga memiliki ketahanan yang tinggi terhadap pelapukan, kebakaran, cuaca dan serangga. Namun, bobot genteng ini sangat berat.
  • Genteng Kayu Ulin / Atap Sirap

Atap berbahan sirap adalah atap dengan bahan kayu. Kayu yang digunakan bernama kayu ulin. Jenis kayu ini cocok sekali dijadikan sebagai atap rumah atau atap untuk pendopo / bangunan temporer. Bahan kayu yang kokoh ini sering juga disebut sebagai kayu besi. Atap sirap biasa digunakan oleh bangunan yang menonjolkan kesederhanaan namun tetap mewah seperti pendopo, villa, gazebo, gedung pertemuan, dan lain sebagainya. Anda bisa jumpai bangunan yang menggunakan atap ini di kota Lhokseumawe Aceh. Atap ini juga pernah di gunakan di kubah masjid pada era trennya.
  • Genteng Tanah Liat

Atap dengan genteng tanah liat adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan di Indonesia. Mengapa tidak, bahan yang tentu tidak akan pernah habis karena terbuat dari tanah liat, harganyapun murah. Genteng tanah liat memiliki kelebihan yakni harganya yang murah dan kekuatan terhadap cuaca yang bagus.

0 Response to "6 Macam Material Atap Rumah Modern"

Post a Comment