Macam - Macam Material Dinding

Setiap dinding pada bangunan memiliki jenis dinding masing-masing. Dinding yang berfungsi untuk pembatas atau penghalang sangat penting untuk bangunan tertutup. Berikut macam -macam material dinding bangunan :
  • Dinding Batu Alam

Batu Alam biasanya terbuat dari batu kali atau pecahan dari batu cadas yang biasanya berukuran buah mangga, kelapa, dan kelapa kupas. Setiap dinding yang terbuat dari batu alam pasti tetap menggunakan adukan semen dan pasir, pasir yang di gunakan biasanya pasir kotor atau sering di sebut pasir bebatuan yang sering di gunakan untuk pengecoran.

  • Dinding Kayu

Dinding kayu terbagi 3 bagian, yaitu :
1. Dinding kayu log ; atau sering di sebut dinding batang tersusun sering di temui di rumah tradisional eropa timur.
2. Dinding papan ; dinding ini di susun secara vertikal atau horizontal yang semuanya searah. Kelemahan dinding ini ada renggangan di celah-celah papan.
3. Dinding sirap untuk bangunan kayu merupakan material yang paling baik dalam penyesuaian terhadap susut dan muai. Selain itu juga memberikan perlindungan yang baik terhadap iklim, tahan lama dan tidak membutuhkan perawatan.
  • Dinding Batu Buatan

Dinding batu buatan ada 2 jenis, yaitu :
1. Batu bata ; material ini terbuat dari tanah liat yang di bakar berhari - hari, cara pemasangan material ini di susun secara selang - seling.
2. Batako ; Batako merupakan material untuk dinding yang terbuat dari batu buatan/ cetak yang tidak dibakar. Terdiri dari campuran tras, kapur (5 : 1), kadang – kadang ditambah PC. Karena dimensinya lebih besar dari bata merah, penggunaan batako pada bangunan bisa menghemat plesteran 75%, berat tembok 50% – beban pondasi berkurang. Selain itu apabila dicetak dan diolah dengan kualitas yang baik, dinding batako tidak memerlukan plesteran+acian lagi untuk finishing.

  • Dinding Beton

Penggunaan blok beton sudah dikenal sejak jaman pembangunan piramid-piramid di Mesir, kuil-kuil tua Yunani dan dinding-dinding bangunan Kerajaan Romawi. Dan seperti yang kita ketahui, bangunan-bangunan tua yang didirikan dengan blok beton ini banyak yang masih bertahan dengan kokoh hingga saat ini. Ini menunjukkan salah satu kelebihan blok beton dibandingkan dengan material bangunan lainnya.

0 Response to "Macam - Macam Material Dinding"

Post a Comment