Masalah Yang Harus Di Perhatikan Saat Mendesain Kamar Mandi

Kamar mandi sangat di butuhkan di rumah, kantor, aula, dan berbagai macam bangunan lainnya. Bahkan saat perancangan sang arsitek 99.9% harus merancang kamar mandi. Berikut Masalah Yang Harus Di Perhatikan Saat Mendasain Kamar Mandi :


  • Penempatan Ruang
Kamar mandi harus berada pada posisi yang cocok, jangan sampai kamar mandi berada di ruang tamu dan ruang yang tidak cocok lainnya. Biasanya kamar mandi berada di bagian belakang rumah yang berdekatan dengan dapur. Untuk rumah mewah biasanya kamar mandi berada di setiap kamar tidur, ini untuk mempermudah orang-orang yang berada di rumah untuk lebih dekat dengan kamar mandi. Bagi kelas menengah kamar mandi juga tertera di kamar tidur utama, namun tidak ada di kamar tidur lain.

  • Arah Buangan 
Kamar mandi tentunya harus ada arah buangan. Untuk arsitek pemula pastinya punya kesalahan di sini. Arah buangan kamar mandi harus lebih rendah atau sejajar dengan kamar mandi, bila arah buangan lebih tinggi dari kamar mandi tentunya kotoran yang ada di dalam tangki akan keluar ke closed lagi.
  • Penataan Closed
Jangan anggap sepele dengan penataan closed, hal ini berakibat fatal. Posisi closed jangan sampai membelakangi dan mendepani arah kiblat, hal ini  menyebabkan bau yang luar biasa. Percaya atau tidak beberapa arsitek korea yang non muslim telah menelitinya. Bak air atau keran air juga harus berada di sebelah kanan closed, ini untuk memudahkan orang menjangkau air.
  • Ekonomi
Ekonomi tentu harus di perhatikan, untuk ekonomi rendah pastinya harus mendesain sesuai ekonominya.
  • Pemilihan Closed
Untuk kemewahan dan kepraktisan tentunya closed duduk, tapi alangkah baiknya bila memilih closed jongkok. Banyak peneliti yang menyatakan bahwa closed jongkok lebih sehat dari pada closed duduk.

0 Response to "Masalah Yang Harus Di Perhatikan Saat Mendesain Kamar Mandi"

Post a Comment